10 Lagu Pop Turki yang Enak di Kuping Indonesia

05.09.00

Lagu-lagu pop pilihan TS ini akan diurutkan dari yang paling sedikit ditonton sampai yang paling banyak ditonton di Youtube

[Iren Dirici. Foto @hurriyet.com.tr]
Industri musik Turki bisa dibilang cukup maju. Hampir tiap bulan terus bermunculan karya-karya baru  dari musisi-musisi Turki. Kemajuan musik-musik Turki salah satunya tentu karena faktor apresiasi tanggi dari rakyatnya sendiri. Agak berbeda dengan Indonesia di mana restoran, kafe dsb lebih sering memutar musik atau lagu-lagu luar negeri, orang Turki cenderung lebih banyak menikmati lagu-lagu karya musisi dalam negeri sendiri. Hal itu bisa menjadi bukti jumlah viewer lagu-lagu Turki di Youtube menanjak dari yang puluhan juta sampai di atas 100 juta, meski jumlah penduduk Turki hanya sekitar 70 jutaan. 

Meski industri musik Turki berkembang pesat dan maju, yang unik adalah identitas atau rasa musik Turki tidak ditinggalkan begitu saja. Cengkok ala Turki dan alat musiknya seperti bağlama dsb masih sering terdengar di dalam lagu-lagu yang sekalipun banyak mengadopsi kemajuan musik Barat.

Kali ini Turkish Spirit (TS) ingin merekomendasikan 10 lagu pop Turki yang populer dalam 3 tahun terakhir dan yang  cocok di kuping Indonesia. Tentu saja karena kuping orang Indonesia sangat banyak dan variatif seleranya, rekomendasi ini sangat subyektif, semacam “kuping” Turkish Spirit dari begitu banyak lagu pop Turki yang ditayangkan Youtube. Lagu-lagu pop pilihan TS ini akan diurutkan dari yang paling sedikit ditonton sampai yang paling banyak ditonton di Youtube.  Yang paling sedikit ditonton pun telah ditonton sebanyak 44 juta kali, yakin deh pasti bisa melenturkan pikiran yang kaku.  

1. Mustafa Ceceli - Hüsran
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 44,382,954 kali

2. Toygar Işıklı - Hayat Gibi
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 45,484,507 kali

3. Gökhan Türkmen - Çatı Katı
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 50,214,741 kali

4. Zakkum - Ben Ne Yangınlar Gördüm
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 54,798,154 kali

5. Gülden Mutlu - Yatsın Yanıma
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 66,834,290 kali

6. Gülşen feat. Murat Boz - İltimas
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 72,733,601 kali

7. Demet Akalın - Koltuk
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 86,322,616 kali

8. Ozan Doğulu feat. Ece Seçkin - Hoşuna mı Gidiyor
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 120,804,779 kali

9. Hadise - Prenses
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton  120,861,278 kali

10. İrem Derici - Kalbimin Tek Sahibine
Sampai dengan 30 Maret 2016 telah ditonton 163,572,732 kali

Yanuar Agung Anggoro
Mahasiswa Selcuk University, Konya asal Batang, Jawa Tengah. Gemar membuat bakso sendiri, penikmat Lahmacun, dan fans garis keras Manchester City. Tulisan-tulisannya bisa dijumpai di blog penulis di sini.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

30 komentar

Write komentar
30 Maret 2016 21.15 delete

Yusuf Guney - Hazin
Murat Dalkilic - Bu Nasil Ask

Reply
avatar
31 Maret 2016 00.46 delete

Betul, Kak Izraillian. Mereka juga ditonton banyak di Turki. Tapi reviewer di Youtube kalah. Masih sekitara 30 jutaan. :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 18.30 delete

Gülşen & Murat Boz - İltimas :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 21.58 delete

Iya di kafe kafe Iltimas kerap jadi playlist, ini juga lho Kak seru, Yokluğunda punya Leyla The Band dg 75 juta viewer.

tongue emoticon
https://www.youtube.com/watch?v=49Kh1mS4Fhs

Reply
avatar
1 April 2016 14.03 delete

semua lagu mustafa ceceli album kalpten sama es itu enak banget lho lyricsnya juga bagus bagus :) recommended sekali untuk didengarkan.

Reply
avatar
1 April 2016 23.16 delete

aynen kak Reva... top bingit mah =D

Reply
avatar
4 April 2016 02.16 delete

Seharusnya judul tulisan ini adalah lagu turki yang paling banyak diputar di youtube bukan yang paling enak di kuping indonesia. karena banyak lagu2 turki yg cocok di kuping saya dan jg teman2 yg lain tp ngk masuk karena ditonton sedikit di youtube.

Reply
avatar
4 April 2016 02.18 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
4 April 2016 03.01 delete

Good point, Kak Ramhat! Iya kami sudah tegaskan ini subjektif. Beda-beda. Gini aja, ayok tulis versi Kakak dan teman-temannya. Kirim ke TS juga.. Biar seru lah... Setuju tak? :ng

Reply
avatar
22 Oktober 2016 02.39 delete

Lagunya Tarkan enak didengerin. Sama lagu - lagunya Toygar yang kebanyakan mengisi soundtrack film turki yang diputar di TV di Indonesia.

Reply
avatar
23 Oktober 2016 10.57 delete

Betul sekalı, Kak. Tarkan sangat disukai di Turki, untuk lagu lagu pop

Reply
avatar
7 November 2016 02.10 delete

Güliz Ayla - Olmazsan Olmaz
Tuna Velibaşoğlu - Kırgın Çiçekler
cuma 2 ini yang masih sering gue denger sampai sekarang... wkwkwk

Reply
avatar
mia
15 November 2016 13.53 delete

sila - yabanci
sila - hediye
ilyas yacintas - icimdeki duman
irem derici - dur, yavas
cok guzel :D

Reply
avatar
15 November 2016 14.02 delete

betul kak, mimin suka jg sama İlyas dan Sıla. Nnati biar dibikin versi daftar lagu keren lainnya

Reply
avatar
mia
15 November 2016 14.31 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
mia
16 November 2016 12.51 delete

iya, nanti bikin daftar lagu turki yg keren2 ya.

Reply
avatar
16 November 2016 15.00 delete

gini aja, km bikin dong, versi km dan teman-temanmu, nanti kita muat di sini. gimana? :ng

Reply
avatar
mia
21 November 2016 10.12 delete

tamam,yapmaya çalışacağım :D

Reply
avatar
21 November 2016 13.58 delete

Ahhh ne kadar çok mutluyduk yaa. Bekleriz kakak

Reply
avatar
2 Desember 2016 16.57 delete

Salam kenal !
Mas, tau band atau musisi turki yang bagus yang ada unsur folk sama instrumen traditionalnya gak ? kaya musik atau lagu pas abad pertengahan apalagi ada symphonic orchestranya kurang lebih musiknya kaya lagu lagu Soner Canozer gitu lah !

Reply
avatar
23 Januari 2017 15.14 delete

Husran by mustafa ceceli mantap lagu² yang lainnya juga enak²

Reply
avatar
31 Januari 2017 14.19 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
31 Januari 2017 14.23 delete

Lagu2nya Can Atilla coba deh kak.. bnyk karya nya Enstrümen abad2 pertengahan, mulai dr eropa klasik smp ottoman klasik gitu
just recomend

Reply
avatar
10 Juli 2017 09.39 delete

Nanti kita coba update lagi lagu lagu terbaik laiinya di Turki

Reply
avatar
2 Oktober 2017 23.30 delete

Eklemedir koca konak enak juga di dengar. ^_^

Reply
avatar
22 Januari 2019 19.15 delete

sedat ucan - gul efendim, musiksiz
insallah gelecegim, muziksiz

Reply
avatar
8 Februari 2019 14.00 delete

Ko lagu sen de unut beni ga masuk dalam daftar lagu yang enak didengar sih. Padahal saya sukaaaa banget. Dan menurut saya sangat indonesian melodius gitu.

Reply
avatar